Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabaarakatuhu wamaghfiraatuhu waridhwaanuh

Kamis, 15 September 2011

PROFIL RASULULLAH

Sebagai seorang muslim, kita tentunya rindu berjumpa dengan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Rasa rindu yang tebal sering melahirkan pertanyaan, “Seperti apa ya, wajah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam?

Berikut ini saya mencoba menuangkan beberapa hadits, yang mengisahkan wajah dan perawakan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Semoga walau hanya lewat untaian kata, kita dapat menggambarkan profil Beliau. 



Dari Hadits Riwayat Bukhari 
  • Bahwasanya badan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek, dadanya bidang, jenggotnya lebat, rambutnya sampai ke daun telinga. 
  • Bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam kepalanya besar, demikian juga kedua tangan dan kedua kakinya, serta tampan wajahnya. Saya (sahabat) belum pernah melihat orang yang seperti Beliau, baik sebelum maupun sesudahnya. 
  • Dari Aisyah Radhiyallahu 'anha: "Tidak pernah saya melihat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tertawa terbahak-bahak sehingga kelihatan batas kerongkongannya. Akan tetapi tertawa beliau adalah dengan tersenyum." 


Dari Hadits Riwayat Muslim 
  • Bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berkulit putih dan berwajah elok. 
  • Bahwasanya wajah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bundar bagaikan Matahari dan Bulan. 


Dari Hadits Hasan Gharib, Riwayat At Tirmidzi. 
Dishahihkan oleh Al Hakim dan disetujui oleh Adz-Dzahabi. 
  • Dari Jabir bin Samrah Radhiyallahu 'anhu berkata: "Saya pernah melihat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pada bulan purnama. Saya memandang Beliau sambil memandang bulan. Beliau mengenakan pakaian merah. Maka menurut saya Beliau lebih indah daripada bulan." 

Dari Hadits Hasan, Riwayat At Tirmidz

  • Bahwasanya tidaklah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tertawa kecuali dengan senyum, dan apabila kamu memandangnya maka kamu akan menyangka bahwa Beliau memakai celak pada kedua matanya, padahal beliau tidak memakai celak. 

Dari Muttafaq ‘Alaih 

  • Bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam adalah manusia yang paling tampan wajahnya, paling bagus bentuk penciptaannya, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek. 
  • Bahwasanya apabila Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam gembira, wajahnya menjadi bercahaya seolah-olah seperti belaian Bulan, dan kami semua mengetahui yang demikian itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar