Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabaarakatuhu wamaghfiraatuhu waridhwaanuh

Senin, 12 September 2011

DZUHUD DUNIA


Tersebutlah seorang hamba Allah, Amir namanya. Tengah ia sibuk menggembalakan domba-dombanya di padang rumput, datanglah seorang Cendekiawan Islam. Lalu terjadilah perbincangan diantara keduanya. Dari perbincangan itu, cendekiawan itu melihat keluasan ilmu DZUHUD penggembala itu.

“Coba jelaskan pelajaran apa yang telah kamu peroleh!”, pinta sang cendekiawan.
Sambil menatap cendekiawan itu, Amir menjelaskan:

1.      “Sari semua ilmu pengetahuan itu ada lima:
Selagi masih ada Peluang untuk berSIKAP JUJUR, aku TIDAK AKAN PERNAH BerBOHONG.
2.    Selama masih ada MAKANAN HALAL, aku TIDAK AKAN PERNAH Memakan MAKANAN HARAM.
3.     Jika masih ada KEKURANGAN DALAM DIRIku, aku TIDAK AKAN PERNAH Mencari KEKURANGAN ORANG LAIN.
4.    Selagi RIZQI ALLAH masih ada di bumi, aku TIDAK AKAN PERNAH Meminta KEPADA ORANG LAIN.
5.     Sebelum Menginjakkan kaki diSYURGA, aku TIDAK AKAN PERNAH Melupakan TIPU DAYA SYETHAN.”

Cendekiawan itu sangat kagum atas jawaban Amir seraya berkata, “Kawan, semua ilmu telah terkumpul dalam dirimu. Siapapun yang mengetahui kelima hal yang kau sebutkan tadi dan dapat melaksanakannya, pastilah ia telah mencapai Dzuhud Dunia.”





Tidak ada komentar:

Posting Komentar